Tiket Bus 240.000 Antar Kota

Judul ini sengaja saya cantumkan harga bus yang pernah saya beli dan gunakan dalam sebuah perjalanan pada tanggal 29 Maret 2019. Bus yang saya gunakan termasuk bus dengan kategori harga dan tempat duduk yang berbeda. Perbedaan itu tentu sesuai tarif yang ditawarkan. Saya membeli tiket bus dengan nominal yang saya sebutkan di judul artikel tersebut secara konsekwensinya saya ditempatkan di tempat urutan kedua dari depan.
Tempat duduk dalam bus tersebut ada tempat duduk yang diatur fasilita tempat duduk sesuai harga kursi. Untuk tiket, ada seorang teman yang membeli untuk saya. Saya titip uang sebesar Rp 350.000,00. Teman itu memutuskan untuk membeli kursi urutan kedua dari depan.

Pada waktu saya hendak berangkat menuju tempat keberangkatan bus, teman tersebut datang dengan mobilnya dan mengantar saya ke terminal atau tempat keberangkatan bus. Lokasinya sebenarnya tidak jauh dari tempat saya menginap. Ketika bus tersebut datang, para penumpang segera memasuki bus dan mencari tempat duduk sesuai dengan nomor kursi. Saya mendapat nomor kursi urutan kedua. Kursi di depan saya, fasilitasnya sangat mewah, ada tempat pijat kaki dan beberapa fasilitas lainnya. Sedangkan saya ya mendapat fasilitas tetapi tentu berbeda. Saya kemudian berpikir, jika saya tahu ada fasilitas seperti itu maka saya pasti memilih untuk kursi nomor 1. Bagi saya pengalaman itu mungkin bisa terulang dan tidak terulang lagi. Saya kemudian memikirkan bagaimana penyedia layanan bus antar propinsi mempersiapkan fasilitas tempat duduk yang menyenangkan dan nyaman selama perjalanan karena perjalanan selama beberapa jam. Perjalanan saya menghabiskan durasi waktu selama 8 jam, yaitu kami berangkat dari Rantepao-Toraja Utara ke Makassar dari pukul 20.00 dan sampai di Makassar pukul 4.00

Saya sengaja menulis ini untuk memberi informasi ke tempat misalnya ke Toraja, dapat memilih tempat duduk di depan dengan harga yang relatif mahal tetapi tempat duduknya menyenangkan untuk sebuah perjalanan yang membutuhkan waktu 8 jam ke atas. Bila Anda ke kota Toraja dari Makassar maka Anda akan menghabiskan waktu 8 jama atau mungkin lebih, hal ini bergantung pada hal-hal teknis dalam perjalanan.






Dalam postingan ini saya tidak menyebutkan bus dengan fasilitas terbaik tetapi saya hanya menyebutkan secara umum saja. Silakan cari di internet akan fasilitas dari bus antar propnsi, khususnya dari Toraja ke Makassar maupundari Makassar ke Toraja. Lihat fasilitas tempat duduk yang disiapkan. Kita memilih tempat duduk dengan fasilitas tempat duduk yang relatif mahal misalnya antara 240.000,00 sampai 500.000,00 karena kita ingin nyaman duduk selama 8 jam perjalanan. Hal yang paling menyenangkan jika memilih berangkat pada malam hari. Namun bila ingin melihat pemandangan kota-kota yang dilewati selama perjalanan maka pilihlah berangkat jam pagi atau siang. Silakan jam keberangkatan sesuai jadwal dari bus.

Bagi saya pengalaman perjalanan dengan harga tempat duduk 240.000,00 yang berlangsung malam hari dari Rantepao ke Makassar dengan pengalaman yang menyenangkan. Pengalaman yang menyenangkan itu saya tulis dan posting dalam laman blog RuTik. RuTik adalah singakatan dari judul blog ini. Semoga artikel ini memberi manfaat kepada mereka yang mengadakan perjalanan dari Makassar ke Toraja dan dari Toraja ke Mmakassar.

Untuk para blogger, tulisan ini menunjukkan bahwa di tangan blogger, apa saja dapat dijadikan sebagai sesuatu yang bernilai guna atau mengubah hal-hal yang akan dibuang ke sampah menjadi sesuatu yang bernilai ekonomis bersama Google Adsense. Dengan produk google ini maka hal-hal yang sepertinya akan dibuang ke sampah kita jadikan sesuatu yang menghasilkan uang.

Semoga dapat bermanfaat.

SHARE

About Yonas Muanley

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.