Cara Membeli Tiket di Bandara Makassar

Saya melakukan kegiatan selama 4 hari di kota Rantepao. Ketika tiba saatnya hendak kembali ke Jakarta, saya harus berangkat dengan bus dari kota Rantepao ke Makassar. Saya memilih berangkat malam hari yaitu pukul 20.00 dengan menggunakan bus malam.Saya pilih malam karena rencana saya setelah tiba di Makassar langsung terbang dengan pesawat ke Jakarta. Namun kendala saya yakni belum membeli tiket. Ketika bus yang saya tumpangi memasuki kota Makassar sekitar pukul 4.00 subuh, bus kemudian berhenti di depan bandara dan saya segera turun untuk kemudian masuk bandara. Saya masuk ke bandara dengan tidak punya kepastian tiket pesawat. Saya kemudian beusaha mencari tempat penjualan tiket.

Saya berusaha menoleh kiri dan kanan. Penumpang yang hendak berangkat pada waktu itu memang sangat banyak. Saya kemudian menenangkan hati dan berusaha berjalan perlahan-lahan melewati kerumunan penumpang, lalu saya melihat ada mesin dan petuga penjual tiket yang sedang melayani mereka yang membeli tiket secara langsung. Saya pun menghampirinya dan bertanya. apakah bisa membeli tiket pesawat secara langsung, pelayan yang berdiri dekat mesin itu (pelayan eTiket) menyatakan bahwa bisa bahkan sekalian layanan check in. Mendengar itu saya sangat senang. Saya kemudian memesan tiket pesawat yang saya biasa gunakan. Setelah proses selesai, saya kemudian langsung masuk ke ruangan tunggu dan mengikuti prosedur yang berlaku sebelum masuk ruang tunggu penerbanganpesawat. Setelah saya masuk di dalam sebuah ruangan, saya kemudian mencari makan karena belum serapan pagi. Setelah itu saya menunggu sampai pukul 06.00 untuk masuk ke ruang tunggu untuk penerbangan Makassar ke jakarta.

Ketika tiba pukul 6.00, sayapun masuk dan setelah duduk sebenar, dipersilahkan memasuki pesawat. Penerbangan kali ini saya meminta untuk duduk dekat jendela pesawa. Permintaan ini saya lakukan pada waktu check ini. Saya kemudian mendapat nomor kursi dekat jendela pesawat. Selama penerbangan, saya menikmati keindahan alam seperti bukit, awan dll. Semuanya menambah daya berpikir saya dalam relung filosofis. Setelah beberapa jam terbang maka sayapun tiba di Jakarta dengan keadaan selamat.

Bila Anda beli tiket periode 2023 pasti informasi di atas mungkin ada yang beubah. Namun tetap ada prosedur atau tahapan-tahapan yang dilalui penumpang. Tahapan yang dimaksudkan tentu terdiri dari:

Pemeriksaan keamanan (Security). Pada tahap ini seluruh penumpang yang hendak naik pesawat harus melalui pintu pemeriksaan yang disebut pemeriksaan security. Pada tahap pemeriksaan security, penumpang harus:

1.       Menyiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan dalam perjalanan. Dokumen ini meliputi: (a). Tiket sesuai tanggal penerbangan atau keberangkatan dengan pesawat yang digunakan. (d) kartu identitas seperti KTP (Kartu Identitas)

2.       Barang-barang yang kita bawa wajib diperiksa. Oleh karena itu sebaiknya tempatkan benda logam seperti: handphone, korek gas, kunci motor, mobil, kunci lemari dalam satu tas agar memudahkan pemeriksaan, bisa juga dimasukan ke dalam tas

3.       Semua penumpang wajib melalui proses WTMD (Walk Through Metal Detector

Bila penumpang menggunakan alat seperti pacu jantung dan membawa senjata api maka lapor kepada petugas. Tentu senjata api oleh pihak yang berwajib yang dapat membawa sedangkan orang sipil tidak boleh

Jangan membawa benda seperti: pemotong kuku, gunting, pisau, pisau lipat, alat cutter, korek api, korek gas. Benda-benda ini dilarang dibawa ke pesawat